Menjadi Manusia

Entah mau mulai bahas apa, yang jelas aku adalah seorang mahasiswi lulusan akademi farmasi, dalam jurusanku hampir semua mata kuliah dibahas secara detail mungkin ini juga yang membentuk pribadiku menjadi manusia yang detail hampir perfeksionis tapi tidak semenakutkan itu sih, hanya saja hidupku biasa membuat jurnal hasil penelitian membentuku kadang menjadi orang yang terlalu visioner atau terkadang bisa dibilang overthinking, belum lagi dari pengalaman kisah cintaku yang tidak pernah seindah dongeng beauty and the beast, tapi percaya atau tidak hampir semua lelaki yang pernah jadi pacar aku atau myEx itu semua rata-rata adalah laki-laki yang duluan aku taksir, entah dengan bantuan semesta aku juga aneh kenapa mereka bisa mau jadi pacar aku pada akhirnya, lebih tepatnya kalimat dari kutipan lirik lagu ariana grande bisa menjelaskan kisah cintaku I see it, I like it , I want it, I got it. Uppss.

Lanjut cerita nih sampai pada akhirnya aku berada dititik apakah ini semua cinta?? Apakah hanya kesempatan saja?! Karena setelah aku pikir dari semua kisah itu aku tetap tidak pernah merasakan true love! Let me know haruskah dalam sebuah percintaan aku didikte untuk berpenampilan seperti ini seperti itu, Heeyyy aku bukan orang yang bodoh aku tau cara berpenampilan yang semenarik itu tapiii pleaseee jangan lo ungkit dandanan gue yang dulu cupu dengan masa sekarang gue yang lagi memantaskan diri bersanding sama lo, another story gue pernah juga punya kenalan atau deket sama doi singkat cerita pas doi itu ditanya sama temennya dia kenal sama gue apa nggak dan bener lagi deket sama si mia ehh dengan gamblangnya doi bilang ga kenal mia yang mana yah wkwk, heeemmm mohon maaf lu kena syndrom lupa ingatan ape gimana, secara lo anter gue sampe depan rumah boy huufftt untung lo juga ga penting dalam hidup gue jadi bye, lanjut lagi ada niihhh seperti cowo polos mau-mau nya dia anterin barang gue semisal handuk gue ketinggalan dirumah dan dia mau anter tuh barang kekosan gue karena gue lupa bawa sedangkan jarak kosan ke rumah gue lumayan jauuhh ada kali lebih dari  15km, tapi tau nggaaakkk ternyataaah diem diem doi ada jalan sama cewe lain dan gue tau dari temen gue sendiri, huffttt sempet ga nyangka sempet galau tapi yaudahlah yah air mata gue ga begitu berhamburan ko masih aman aja mohon maaf bye, another level gue diketemuin cowo yang tau-tau udah tunangan atau apalah sepertinya, doi pikir dia main aman ga meninggalkan jejak eh tapi sorry boy dibilang gue mah anaknya detail masalah cari informasi cari alamat kang tahu sekota cilegon serang aja gue jabanin apalagi model gini wkwkwk singkat cerita bye, ada modelan cowo yang agresif sehari pdkt sehari pingin memiliki wkwkwk booooy boooy untung lu guanteng gue bilang juga apaaa lirik ariana grande hahaha mohon maaf yah pemirsa tapi ga tau kenapa ini kenyataan, sampe pada akhirnya ini kisah cinta yang lebih aga serius dikit yaa,, penasaran kan lu pada?? gini ceritanya satu bulan sebelum gue wisuda bokap gue didiagnosa penyakit tumor otak lo tau serapuh apa hidup gue? Ya rapuh buangeettt ngeeettt gue selalu nangis gue minta sama Tuhan jangan ambil bapak mia sebelum engkau ambil mia, Tuhan mia ga bisa hidup tanpa nih orang, beliau itu sering bikin jebakan batman, nih disaat gue lagi nangis dikamar disaat gue lagi galau tentang apapun itu beliau kadang tiba-tiba suka masuk kamar dan nanya kamu kenapa nangis? Gue cuma diem aja sambil hela nafas lanjut nangis, kadang gue merasa risih dengan sikap bokap yang kaya pingin tau anaknya kenapa karena gue tuh tipe cewe yang kadang kalo sedih udah mau sendiri aja gitu, oya gaeeesss sampe dimasa-masa beliau sakit gue sempet bikin puisi tentang ayah dinotebook gue dan dihari gue bikin puisi itu gue nangis sekejer-kejernya karena apa? Karena gue melihat hasil MRI bokap gue ternyata tumor yang dia derita itu statusnya udah metastatis yah gara-gara gue kuliah farmasi gue jadi mengetahui sakit bokap gue itu udah dilevel mana, meskipun dokter bilang masih santai ngejelasin itu semua ke nyokap tapi hati gue disitu sebenernya berteriak doookk bikin bapa gue hidup lebih lama pleaaasss 😭, eitss jangan nangis dulu gue belum selesai ngetik sini gue ceritain lagi part tersedih  ternyata kesulitan dan kemudahan atau berkat selalu berjalan beriringan, bokap gue emang sakit tapi dimasa-masa sakitnya beliau masih berupaya kasih kebahagian untuk keluarganya, dari dulu nyokap selalu bilang pingin ketanah suci, pingin ke mekkah singkat cerita bokap dapet rezeki yang dimana orangtua gue bisa berangkat umroh sekaligus jalan-jalan kedubai waktu itu, Tuhan gue mau nangis disatu sisi gue tau keadaan bokap gue dilevel apa, disatu sisi gue ngerasain bahagianya jadi nyokap gue mau diajak jalan-jalan sama suami keluar negeri plus pergi umroh, kebayangkan jadi gue jadi anak cewe pertama punya dua adik cowo dimana adik gue yang terakhir pada saat itu masih smp btw adik gue yang terakhir ini pesantren dan yang rajin besuk itu bokap sama nyokap, oya fyi nyokap gue ini orang yang bisa dibilang ketergantungan banget sama bokap yah walawpun nyokap juga seorang wanita karir tapi ketika dirumah nyokap sosok yang sangat mengherokan sosok suaminya jadi apa-apa bokap yang bantu gitulah, kebayang kan lo jadi gue cewe anak pertama yang punya pemikirian sedetail itu dan menjurus ke overthinking pada saat itu kebayang ga perasaan gue kaya gimana?! Will see gue saat itu udah lulus kuliah tinggal nunggu wisuda dan udah kerja disalah satu Perusahaan BUMN yang nyokap gue mau anaknya kerja disitu, gue bersyukur sih atas hal itu bisa dibilang gen kepintaran dari bokap gue sepertinya menurun ke gue Alhamdulillah, dan gue sama bokap kalo malem-malem sambil nonton bola suka deep talk gitu ini salah satu nasihat beliau, jadi orang pintar itu hidupnya ga ngerepotin orang lain begitu secuput petuah dari bokap. Dan satu hal yang bikin gue pingin nangis setiap hari adalah disisa akhir beliau, 2 minggu sebelum beliau beneran pergi, bokap masih bisa sempetin jemput gue pulang kerja, dulu yah walaupun ga sering banget sih gue tuh djemput sama bokap, ada satu momen dimana gue bahagia banget orangtua gue jemput gue naik mobil terus kita lanjut kerumah embah gue, fyi sebelum bokap gue meninggal selain dia berhasil berangaktin umroh nyokap beliau juga beli mobil buat nyenengin anak-anaknya, gue mau kembali nangis nih momen gue dijemput sama bokap gue emang ga lama karena selanjutnya yang jemput gue kerja itu adik bokap karena keadaan bokap sudah tidak memungkinkan, heeem hela nafas boleh yah begitulah sekiranya kehidupan penuh sureprice tapi harus bersyukur karena ini menjadikan gue wanita yang kuat dari sebelumnya, oya sedikit cerita pas gue dijemput sama adik bokap dia bilang gini tenang bapa sebentar lagi sembuh mau dibawa kealternatif biar bisa jalan lagi, sejujurnya kata-kata itu hanya bagaikan hujan yang numpang ngebasahin tanah yang kering, pernah kan lo liat tiba-tiba hujan besar sesaat lagi panas terus eh hujannya malah langsung berenti aja lagi, yah gitulah perasaan gue semua keluarga punya harapan yang lebih sedangakan gue cuma bisa senyum tipis sambil berdoa dalam hati Tuhan tolong jangan ambil bapaku pleaaasss jangan jangan jangan, momen yang mengharukan pun tiba gue wisuda ga ada momen yang special saat itu ditambah gue gagal jadi 3 besar, gue berharap masuk peringkat 3 besar tapi yah sekali lagi gue belum bisa bikin bapa gue bangga, bukan sampe situ saja gue sedih pas nama gue dipanggil layaknya mahasiswa lain muka orangtuanya yang disorot video ditampilin dilayar besar, lah gue melainkan foto adik nyokap gue sama istrinya yah memang seperti biasa dari zaman gue TK, SD, SMP, SMA ga jarang yang mengambil raporku terkadang tetanggaku atau sodaraku karena oramgtuaku mereka bekerja kadang mereka ga bisa hadir, dan sampai dihari terpenting dalam hidupku yaitu saat momen Wisudaku orangtuaku ga bisa menghadiri acaranya dikarenakan bapaku sudah tidak bisa berjalan dan mamahku harus mendampingi bapaku yang sedang sakit, jadi teringat bercandaan bapaku waktu masih sehat dia bilang gini katanya widih nanti mia wisuda dianter sama mobil baru sambil senyum-senyum mengajaku becanda iyah sih mobil baru tapi sekali lagi hampa rasanya aku menaiki mobil itu, didalam mobil hanya ada adik bapku, adik mamahku dan istrinya dan seperti itulah keadaannya, tetapi harus tetap bersyukur kan kawan, singkat cerita seminggu setelah itu keadaan bapaku semakin ngedrop beliau masuk rumah sakit, ini kisah paling memilukan dalam hidupku hari itu hari senin dimana aku dapat giliran libur ditempat kerjaku, pagi itu aku kebagian jaga bapaku dirumah sakit siang berlalu tiba-tiba bapaku muntah-muntah entah apa yang ada diperasaanku saat itu, aku mulai resah sebenarnya tapi aku berusaha tenang dibilang aku ini orang yang overthinking terlalu visioner jadi yang ada dikepalaku itu banyak rangkaian rankaian cerita sampe hatiku saat itu tidak bisa diam bertanya-tanya kenapa bapaku muntah gini? Dia tolak semua cairan yang masuk kedalam mulutnya Tuhan kenapa? Kenapa tubuhnya menolak? Tapi aku cuma bisa diem dan berusaha membisiki bapa yang kuat yah mia disini, aku sedikit melihat seperti ada air mata yang menggenag dimatanya, sampe pada akhirnya telfonku berbunyi dan salah satu atasanku ditempat kerja menyuruhku untuk menggantikan jadwalnya aku diminta tolong untuk masuk kerja saat itu hatiku berat meninggalkan bapaku tapi disatu sisi entah kenapa aku seperti punya kewajiban untuk tetap kerja saat itu, sampai dengan berat hati aku minta izin kebapaku setelah beliau beres dibersihkan oleh suster, pa mia izin berangkat kerja yah, dan beliau dengan nada lirih udah berangkat kerja aja sungguh aku tidak punya pemikiran buruk apa-apa saat itu, aku langsung menelfon adiku dan mamahku untuk digantikan, singkat cerita sekitar pukul jam6 sore hapeku berdering lagi, lalau dengan nada terengah-engah mamahku bilang mia dimana? mia dimana? Cepet pulang cepet pulang, dengan lemas aku menjawab ditempat kerja kenapa mah? Pulang kamu pulang gue jawab lagi dengan nada lemas kenapa mah? Bapak sekarat cepet pulang, seketika dengkul gue lutut gue lemes ga berdaya mau teriak mau cepet ada disamping bokap, mau lari mau menjerritttt akhrinya aku langsung ambil tasku aku bilang sama temen shiftku bapaku sekarat aku harus pulang, dan seketika aku berlari mencari angkutan umum, aku marah-marah didalam angkutan umum, aku bilang ke supirnya buruan mas buruaaan bisa cepet ga buruaaan sampai satu penumpang saat itu tanya kenapa neng? Emang nengnya kenapa? Gue cuma nangis sambil bilang cepet mas cepet anter saya kerumah sakit bapa saya lagi sakarat, seketika supir angkot itu teridiam dan langsung iyah tenang neng nih saya kebut yah, sepanjang jalan pandangan gue kosong gue ga tau saat itu fokus gue apa? Sampai akhirnya tiba didepan rumah sakit, karena jarak antar depan ke ruangan menuju bokap jauh kali itu gue bener-bener teriak mas masuk yah masuk aja kerumah sakit dan supir angkotpun masuk sampai benar-benar kedalam rumah sakit seketika itu aku terus berlalri sekencang yang aku bisa meski lututku saat itu gemetaran, sampai palang pintu masuk aku tabrak hampir mengenai kepalaku menabrak jidadku saat itu tapi aku terus berlari aku ga peduli ada apa didepanku saat itu aku terus berlari sampai pada akhirnya aku tertuju pada sebuah ruangan yang sudah ramai dengan isak tangis dan hanya mesih pompa jantug yang saat itu kulihat sedang menekan-nekan dada bapaku dan bunyi suara tiiiiiiit tiiiiiiiiiiiiiiitt tak bisa lagi disitu aku membendung air mataku, semuanya tumpah, Tuhan kenapa?! Kenapa dia pergi?? Apa dia udah ga sayang mia?! Tuhaaan kenapa kau ambil?! Ketakutanku terjadi, Selama aku hidup selalu berdoa dalam sujudku selalu Tuhan panjangkanlah umur orangtuaku jangan kau ambil nyawanya sebelum kau ambil nyawaku, kau sudah mengambil ibu, beliau adalah kakak nenek dari mamahku, terus sekarang kau ambil bapaku, sudah 2 orang yang aku cintai didunia ini kau ambil, bagaimana aku bisa hidup Tuhan?! Sedangkan hubungan aku dan mamahku bukan tidak harmonis tapi kami sering berbeda pendapat, mamahku keras kepala akupun sama, jadi ketika aku sedang berselisih paham dengan mamahku beliau lah yang selalu membelaku iyah bapaku yang selalu membelaku, dia lebih mengerti aku dibanding mamahku, jadi aku sangat terpukul sekali kehilangan sosok ayah seperi ayahku, jika aku ditanya bagaimana kriteria lelaki atau seperti apa lelaki yang kamu idamkan? Jawabanyya seperti bapaku! Dia adalah figure terbaik dalam hidupku, dialah role model aku, dia banyak mengajariku banyak hal, kesabaran, keikhlasan, tanggung jawab, kuat, mandiri, selalu berbuat baik pada siapapun, humoris, teringat 2 minggu sebelum beliau ngedrop masih sempet jemput aku pulang kerja beliau sms bapa kesitu, ketika aku ingin nyebrang menghampiri beliau, beliau memberi isyarat kepalanya digelengakan tangannya dimajukan untuk menghalang kendaraan, udah disitu aja ucap bapaku karena beliau yang ingin menghampiri, beliau tau kalau anaknya ini takut nyebrang bahkan pernah ketabrak pas waktu nyebrang jadi beliau mau melindungi putrinya, oya sekian cerita singkat mengenai bokap gue dan arti bapak begitu sangat berharga dihidup gue, lanjut cerita sampai pada akhirnya ada seorang laki-laki yang bisa sedikit memberi harapan lagi untuk gue mau melanjuti cerita hidup gue, fyi sampai detik ini kalo keinget bokap selalu rasa sedihnya sama kaya yang pertama gue rasain pas kehilangan bokap masih sesedih itu aja entah kenapa?, tapi hidup harus berjalan sebagaimana mestinya bukan begitu bestiee, ini gue mau lanjut cerita perjalanan cinta gue, dulu pas SMA gue pernah kenalan sama cowo guanteng banget mirip marcel darwin setelah berchatingan akhirnya kami ketemuan dan dihari itu gue jingkrak-jingkrak kegirangan sampai gue tuh bernazar kalo sampe gue bisa jadian sama nih cowo gue bakal puasa heem sekali lagi gue setelin lagu ariana grande yah, 

I see it, I like it , I want it, I got it!!

Naah setelah beberapa bulan bokap gue meninggal gue sedikit menjadi wanita yang lebih insecure, entah saat itu jangankan untuk ngehalu ngebayangin yang indah-indah aja gue ga bisa! Untuk bermimpi aja gue takut, gue kaya ga punya harapan apa-apa, gue nih kaya lagi ditampar semesta aja gitu rasanya, ternyata hidup seberat itu, gue rasa gue ga mampu lagi buat ngejalanin hari-hari gue, nangis aja maunya, bengong, melongo aja maunya, mager 1000%, sampe pada akhirnya tiba-tiba ada seorang cowo ngeDM gue, ini mia yah, dan tiba-tiba seketika gue kaya dapat roh saat itu, kaya ada petir yang menyambar yang kaya ngejedotin kepala gue mia this time to wake up !!! Akhirnya iyah gue lanjut chatingan sama nih cowo dan ternyata dia adalah someone who you loved in the past!! But now dia ada dalam nyata gitu loooh,, yaaah mimpi gue jadi kenyataan cowo yang gue idamkan sejak dulu kala dia ada disini menyapa gue, membasuh luka gue, melukiskan pelangi yang semula langitnya gelap aja udah yah kurang lebih gitulah puitisnya, oya gue juga ga tau saat itu cintakah atau luka lagikah atau apa yah kita sebut, karena pada akhirnya gue putus juga sih sama doi, tapi yah setidaknya Tuhan membangun Harapan yang sudah lama pudar dari gue semenjak kepergian bokap gue, tapi faktanya gue sama doi bisa pacaran sampe 9bulan, dan itu pacaran gue terlama sama seseorang yah, gue baru ngerasain bener-bener jatuh cinta, ngerasain the real first date gituuh,, seromantic itu aja rasanya, jalan-jalan malam menikmati pemandangan jalan tol, nongkrong bareng temen-temen gue dan gue bisa ajak doi, dijemput doi pulang kerja, diajak main kerumah temen doi, ngobrol deep talk tentang masa depan, doi random kirimin lagu bunga citra lestari dan ari lasso yang duhai cintaku sayangku lepaskanlah disaat gue lagi capek-capeknya pulang kerja, gimana hayooo gue udah ga bisa gambarin seindah apa lagi saat itu yah rasanya, sampai pada akhirnya gue dibangunkan lagi oleh kenyataan kalo mungkin dia bukan yang terbaik atau sekali lagi kita masih menunggu rencana Tuhan, bisa makan bareng, ngobrol bareng doi, doi curhat tentang keluarganya,  doi main kerumah, numpang sholat pake sarung bokap, udah deh saat itu gue berharap he’s the one, but yah pada akhirnya gue sadar apakah ini real?? Atau hanya panggung sandirawa? Saat itu gue hanya berfikir kalopun itu pura-pura, biarkan kepura-puraan itu selamanya, meskipun pada akhirnya segala sesuatu yang tidak sesuai dengan semestinya itu yah emang harus berjalan aja, jika bukan kamu yang tersadar maka Tuhan yang akan menyadarkanmu, dan bahkan Semesta pun ikut andil memberikan lika-likunya. Tuhan selalu memberikan pelajaran yang terbaik bahkan jika matematika itu sangat membosankan tentu tidak dengan pelajaran Tuhan semuanya amazing bahkan aku dibuat takjub dengan caranya, Terimakasih Tuhan atas keajaiban yang kau berikan. Selang waktu berganti akhirnya aku bertemu kembali dengan macem laki-laki yang toxicnya bukan maen, ga tau kenapa Tuhan hadirkan dia kehidupku, ku pikir aku sudah belajar banyak dari semua pengalaman hidup ini, eitsss ternyata gue belum belajar cukup untuk lebih mengenal jenis-jenis sikap dan prilaku manusia lainnya, karena gue merasa hidup gue sudah terlalu extream, seperti aku sedang mengayuh sepeda untuk pergi kebukit yang indah tiba-tiba dijalan aku terjatuh aku terluka tapi entah mengapa aku sudah tidak bisa fokus terhaap lukanya lagi, aku hanya fokus aja pada bukit itu, begitupun dalam menjalani hidup ini seperti aku sudah tidak punya ketakutan lagi, yang kutakutkan hanya jika Tuhan sudah tidak memperduliakanku, akhirnya Aku memberanikan apa saja yang ingin aku lakukan, aku mencoba segala hal yang dulu aku berfikir lama untuk melakukannya tapi kali ini tidak, aku merasa hidupku berapi-api sampai akhirnya aku bertemu dengan sosok laki-laki yang angkuh, yang matrenya bukan main, kantongku habis hanya untuk menuruti kemauannya, sekali lagi aku tipe orang yang sangat bertanggung jawab sampe-sampe yang ada dipikiranku ini lelaki yang aku sayang pada saat itu masuk kedaftar orang yang harus aku prioritaskan bahkan aku lebih mencintai orang yang aku sayang dibanding mencintai diriku sendiri, entah kenapa tapi yah begitulah aku, jika aku sudah sayang sama orang itu sepertinya akan ku usahakan segalanya untuk buat dia bahagia, untuk dia merasa nyaman berada didekatku, padahal kenyataannya kita tidak bisa memaksakan segalanya karena pada akhirnya dia yang ingin pergi akan tetap pergi meski kamu menahanyya, meski kamu memakunya, sekuat kita menggenggam pasir pada akhirnya perlahan butirannya akan jatuh dan memaksa kamu melepaskan semuanya dan berganti menerima kisah lain dari cerita hidup ini, tapi sekali lagi diberikan love story yang indah, dibelain, dibutuhin membuat gue merasa itu adalah cinta, padahal bukan tidak mungkin semuanya kamuflase, bukankah pemain peran terbaik adalah tugas terbaik manusia! Setelah kata-kata terlontar kalo cantik aleman mah wajar kalo jelek?! Rasanyaaaa kata-kata itu bagai petir yang menyambar sekujur badanku sehingga aku ingin sembuh dari kebodohan ini, Tuhan doaku jangan pernah aku dipertemukan dengan orang-orang yang sudah membuatku marah, biarkan mereka sekali hadir dalam lembaran cerita hidup ini tapi jangan izinkan mereka terus menjadi chapter untuk lembaran selanjutnya, sampe pada akhirnya aku bertemu dengan sosok lelaki yang mungkin ini adalah idamanku tapi apakah ini idaman engaku juga Tuhan untuk kau beri dia dan mengisi chapter bukan hanya lembaran melainkan menjadi buku-buku kisah hidupku? Tuhan aku orang yang simple tapi isi dalam otaku tidak sesimple itu, Karuniakan aku lelaki yang bisa membaca segala kerumitan isi otakku, Aku tidak bisa menerima alasan sesimple yang mungkin orang lain bisa terima, Aku adalah seorang yang sudah ditempa badai berkali-kali, belajar memahami semuanya, dipaksa tegar dengan keadaan, jika aku dipertemukan dengan orang yang manipulatif lagi aku tidak bisa diam atau pura-pura menikmati, Pertnayaannya hanya satu sudahkan kau siapkan dia yang mengerti akan diriku?! Ribuan kali aku dipaksa untuk mengerti, maka kali ini adakah orang yang dengan sukarela memahamiku? Terkadang aku lelah menjadi wanita yang seperti ini, Pada dasarnya aku ingin dilindungi pada dasarnya aku ingin dicintai, bukan malah aku yang melindungi, bukan malah aku yang mencintai lagi sendirian, sekali lagi apakah ini cinta atau ini luka lagi?!! Harus apa aku kali ini? Tuhan kali ini aku belajar lagi kita tidak bisa mengharapkan orang lain untuk melayani kita sebagaimana kita sudah melayani dia, atau singkatnya respectnya kita terhadap orang lain belum tentu mereka melakukan hal yang sama terhadap kita, jadi pinnya adalah jangan pernah berhenti berbuat baik, menjadi baik itu pilihan, menjadi buruk itu juga pilihan tapi tetap jadi yang terbaik adalah keharusan, karena Tuhan tidak tidur untuk menemani kita dan bersamanya pertolongan itu akan datang, will be nice a person.



Komentar

Postingan Populer