Belajar di Bloometrics

Entah Tuhan mau memberiku pelajaran apalagi?! Lagi dan lagi aku dipertemukan dengan orang baik, dalam waktu yang singkat aku bertemu dengan perkumpulan orang-orang yang isinya sangat membuat hati ini damai,, Terimakasih Tuhan telah mempertemukanku dengan mereka, aku sama sekali tak pernah kenal mereka membayangkan wajahnya saja akan bertemu orang-orang seperti mereka tidak pernah terbesit dalam pikiran tapi dalam waktu yang sesingkat itu aku merasa memiliki makna dan sedikit sedih ketika harus berpisah dengan mereka.

Tanggal 22 Agustus 2023 aku memutuskan untuk mengikuti pelatihan yang aku dapatkan secara geratis, bukan geratis cuma-cuma!! aku mendapat kesempatan untuk dibiayai mengikuti pelatihannya yang dengan senang hati aku mengambil kesempatan tersebut! Dengan hati yang sangat menggebu-gebu dan rasanya aku ingin segera bertemu sang fajar, aku sangat berantusias bertemu orang-orang baru, berkenalan dengan mereka, melakukan percakapan, serta berinteraksi. Berdiskusi adalah hal yang sangat ingin aku lakukan. Pagi-pagi sekali aku memutuskan untuk memasang alarm dan bergegaslah aku bersiap-siap!! Tanpa berpikir panjang aku mulai memesan kendaraan online untuk mengantarkanku ketempat tujuan. Utara ke Selatan hemmm sebuah perjalanan yang membuat pingganggku sedikit encok tapi setelah aku bertemu orang-orang yang juga satu kelas denganku untuk bersama-sama mengukuti pelatihan rasanya sakit pinggangku hilang! Ajaibnya tidak butuh waktu lama untuk kita saling berkenalan satu sama lain, dan suasana mencair begitu saja seperti seolah kita memang pernah satu kelas sebelumnya. By the way kita memiliki latar belakang yang berbeda, profesi yang berbeda, daerah yang berbeda, tetapi entah kenapa aku merasa disitu kita memiliki visi yang sama yaitu untuk sama-sama belajar dan untuk sama-sama bisa. Jujur aku belum pernah merasa seseneng itu bertemu kelompok diskusi yang bisa dibilang bikin aku jadi banyak "belajarnya" banyak hal-hal spontan yang mereka sudah lebih paham justru sebelum materi dimulai, tapi diantara kami tidak ada yang merasa terintimidasi dengan hal itu, menurut perspektifku justru itu bagus karena kita jadi sharing ilmu satu sama lain, dari masing-masing ternyata memiliki keunikannya sendiri dan ternyata memang beberapa memiliki skill terpendam yang mungkin jika pertemuan itu terus dilakukan mungkin kita sudah membuat suatu hal besar untuk Indonesia hehe menurutku lo yaa dinegeriku Indonesia sebenarnya tidak kehabisan orang pintar ada banyak sumber daya manusia hanya masih belum tereskplor secara nyata mungkin karena keterbatasan atau keterjangkauan kita untuk mempromosikan apa yang kita bisa dan kita yakini, menurutku kita perlu hanya support satu sama lain untuk sama-sama mewujudkan mimpi kita digaris yang kita yakini, kita semua sejatinya orang-orang hebat dan kita adalah bintang-bintang yang tenggelam itu! Meneruskan perjalananku dihari pertama pelatihan sampai akhirnya waktu pulang tiba, singkat cerita aku bergegas memesan kendaraan online, sore itu sebetulnya aku sedikit cemas karena pulang dari pelatihan aku harus melanjutkan aktifitasku untuk bekerja. Hari itu aku bekerja shift malam dan aku takut telat untuk sampai ditempat kerjaku, karena mengingat perjalanan dari Selatan ke Utara lumayan memakan waktu dan aku membayangkan kemacetan kota Jakarta apalagi diwaktu-waktu pulang para pencari rupiah. Akhirnya pesanan ojek onlineku datang dan tanpa basa-basi aku melanjuti perjalanan panjangku. Ditengah perjalanan percakapan antara aku dan sidriver,, 

driver : mbaa habis pulang kerja? 
saya : saya habis pelatihan mas,                       driver : besok masih pelatihan mba?? Jauh ya pelatihannya,                                                         saya : iyah mas, besok saya masih pelatihan, driver : yaudah besok saya jemput ya,              saya : maksudnya saya order masnya lagi?     driver : iyah chat aja, nanti saya jemput            saya : oke baik mas (aga terkejut berbisik dalam hati ada yah orang baik yang bersedia ambil orderan yang jaraknya lumayan jauh sambil merasa tenang besok sudah pasti pulang pelatihan ada yang antar hehe) 

Akhirnya alhasil aku bisa datang tepat waktu ketempat kerja,, walaupun aga sedikit cangkeul kalo kata orang sunda hehe alias cuapeek pake banget tapi saat itu aku masih merasa bersemangatt untuk menunggu hari selanjutnya dimana yeaaayy hari kedua pelatihan!!! Tibalah saat dimana aku bergegas bersiap-siap untuk menuju tempat pelatihan. Kali ini aku berangkat bukan dari kosan tapi langsung dari tempat kerjaku karena semalam shift malam jadi aku memutuskan untuk tidak pulang kekosan lagi tapi langsung lanjut untuk mengikuti pelatihan hari kedua yeayyy!!! Rasanya seperti itulah antusiasku untuk bertemu kawan-kawan baru yang baru pertama aku jumpai kemarin, ketemu si akang kami panggil “kang“ sebutan guru yang mengajari kami si pememberi materi saat pelatihan. Beliau adalah sosok yang sangat humble dan pengertian, sangat support kami, dan sepertinya beliau berasal dari daerah Bandung jadi halus pisan euuyy hehe canda kang✌🏻. Pertemuan kedua kali ini bener-bener diskusi yang terjadi saat dikelas rasanya makin seru lagi, semua berbicara menurut sudut pandang dan pengalaman ditambah backgroud kita masing-masing yang membuat jalannya sebuah diskusi semakin hidup tapi tidak ada merasa digurui atau bahkan menggurui, seolah kita semua terhenyut dalam sebuah pembahasan sampai tidak sadar waktu terus berjalan begitu cepat sampai pada akhirnya waktu kita untuk uji ketermapilan masing-masing. Tidak selesai disitu rasa kagumku kepada mereka orang-orang yang penuh dengan kreatifitas dan rasa solidaritas yang tinggi, diantara kami ada yang datang jauh-jauh dari daerah kuningan dan aku mendengar jika ka “jupri” sebut saja dia dibantu ka “Bocan” untuk mencari penginapan karena pelatihan berlangsung dua hari. Aku juga terkagum dengan teman sebelahku sebut saja dia “Agam” dia mengikuti pelatihan karena dia ingin membantu bisnis orangtuanya agar lebih maju dan berkembang. Belum lagi cerita ka “Satria” yang berhasil move on walaupun sepanjang perjalanan diskusi selalu mengaitkan dia dan bisnis yang dibangun bersama mantannya hahaha sungguh hari itu benar-benar seseru itu!!! Masih ada banyak lagi orang-orang baik dan pintar dikelas, ada bu neneng yang meberikan kacang oleh-oleh dari Mekkah yang dia tawarkan ketik aku bilang aku belum sempet sarapan, ngomong-ngomong bu neneng ini dia baru pulang dari haji, beliau sangat semangat sekali mengikuti kegiatan ini, bagaimana bisa aku jadi tidak semangat sedangkan bu neneng saja dia masih berantusias untuk belajar untuk memajukan bisnis baju muslimnya, untuk bu neneng semangat yaa!!! Untuk pak firman yang pembawaannya sangat tenang dan berwibawa, untuk ka josua yang diam-diam dia ternyata suhu untuk urusan business development, dan untuk ka hussain yang selalu punya pertanyaan-pertanyaan jitu ditengah-tengan materi disampaikan, dan ka darsih yang kalem ternyata dia sudah memulai bisnisnya lebih duluan, mereka adalah orang-orang keren sih, jujur gue baru mengetahui kalo ka jupri ternyata sekreatif itu untuk bisa mendesain hasil karyanya sendiri dan ka bocan gue selalu takjub terkadang sama cara pandangnya, bahkan disaat uji keterampilan ka bocan ini membahas isu mental health, tak ketinggalan ka Ica yang selalu sabar membantu kami dalam proses pembelajaran pokonya sebetulnya tidak cukup untuk menghabiskan waktu sesingkat itu sama mereka, terimakasih Tuhan engkau pertemukan aku dengan orang-orang baik!!! Terimakasih engkau memberiku kesempatan untuk bertemu orang-orang hebat seperi mereka! Hemmm pertemuan dengan orang baik tidak habis sampai situ, masing ingetkan kalian tentang mas driver ojek online yang katanya mau jemput sepulang pelatihan selesai. Yupss benar saja belum sore masih siang sekitar jam satu siang masnya sudah wa, kurang lebih isi pesannya memastikan dia akan menjemput disore hari selepas pelatihan selesai. Dan benar saja sore pun tiba akhirnya driver online percis menjemputku diwaktu selesai pelatihan, disepanjang perjalanan menuju pulang aku mulai merasa kelelahan karena jujur dari kemarin malem aku belum sempet tidur dan hari ini sepulang pelatihan aku masih harus lanjut untuk kembali kerja shift malam lagi. Semangat untuk aku!!! Sebetulnya hal yang membuatku ingin menangis seketika adalah ketika ditengah-tengah perjalananku menaiki ojek online rasa kantukku tidak terbendung lagi beberapa kali kepalau menjatuhkan kearah kiri dan kembali menjatuhkan kearah kanan, kepalau seperti seolah mencari posisi nyamannya untuk bisa tidur sedikit memejamkan mata, dan benar saja sepertinya aku tertidur diatas motor, dan seketika aku terbangun terkejut ketika motor mengerem dan sidriver bilang mbaa pegangan sama saya, nanti mba jatuh, pegang aja mba gapapa nanti mba jatuh, langsung spontan mengarahkan tanganku untuk memeluk badannya dan disitu langusng seketika air mataku rasanya ingin menetes, aku sedih kenapa ada orang-orang baik seperti ini didunia!!  sepertinya sidriver sudah mengetahui kalo dari awal sebenarnya aku mengantuk, dia bener-bener membiarkanku tertidur memejamkan mata sampai pada akhirnya dia mungkin tidak tahan segera mengarahkanku untuk memeluk badannya supaya aku tidak terjatuh. Sesaat hatiku berbisik Tuhan terimakasih, lagi dan lagi aku mengucapkan terimakasih atas segala kebaikan yang engkau berikan disaat rasa lelahku tak terbendung, saat aku berulang kali ingin mengeluh dan menyerah  selalu saja engkau datangkan pertolongan dan menyadarkanku jika hidup sejatinya adalah anugerah yang patut kita syukuri, dan terbesit dikepalaku apa yang membuat sidriver online ini begitu semangat bekerja dan ternyata Tuhan memperlihatkanku tiba-tiba layar hape sidriver ojek online itu menyala dan aku melihat sosok anak perempuan cantik sedang berpose dengan manisnya, anak perempuan dengan gaun berwarna pink, seketika aku menghela napas panjang dan hatiku kembali berbisik dialah malaikat kecil sang penyemangat sidriver!! rasa kantukku sirna begitu saja berganti kembali dengan rasa syukur yang sudah tidak bisa aku ungkapkan dengan kata apalagi kepada Tuhanku! Sekali lagi terimakasih Tuhan !!! Aku percaya tidak ada kesulitan yang tidak ada jalan keluarnya! Jika kita percaya Tuhan selalu membersamai kita kemanapun, dimanapun, dan kapanpun asal kita selalu terus mengingat-Nya! ketika kita jalan satu langkah menghampiri Tuhan, Tuhan membalas dengan berlari, Ketika kita berlari mengejar Tuhan,  Tuhan membalas mengulurkan tangan-Nya untuk menangkap kita, memeberikan pertolongan-Nya dan itulah cara Tuhan selalu indah dari yang kita bayangkan✨

Komentar

Postingan Populer